Tips Asah Soft Skill untuk Berkarir di Masa Depan

0
46

Tips Asah Soft Skill untuk Berkarir di Masa Depan

 

Jakarta, Cendekiawanprotestan.com

Memiliki soft skill akan memberikan nilai unggul bagi kamu para pencari kerja dan perintis bisnis. Soft skill adalah keterampilan yang sifatnya cenderung abstrak. Contohnya adalah kemampuan beradaptasi di lingkungan baru, sifat kepemimpinan, tata kelola waktu yang baik, dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

 

Selain pengetahuan akademis dan keterampilan teknis di bidangmu, soft skill akan sangat membantu kamu dalam mencari pekerjaan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, mencari pekerjaan menjadi lebih sulit dan menantang karena persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, kamu harus lebih menonjol dibandingkan orang lain. Bagaimana caranya? Asahlah soft skill kamu sebagai salah satu caranya! Mari simak tips berikut ini!

 

  1. Cari mentor

    Memiliki mentor dapat membimbing kamu untuk mengembangkan soft skill, sekaligus membantu kamu dalam proses belajar. Mentor adalah seseorang yang lebih berpengalaman dan bisa memberikan inspirasi dan perspektif baru untuk kamu.  Mentor yang baik akan membantu mengevaluasi kemampuan kamu secara objektif menilai sejauh mana kamu menguasai bidang tersebut, dan mengajak kamu untuk terus berkembang. Kamu bisa mencari mentor mulai dari sekitarmu. Misalnya, jika ada senior di kampus yang berpengalaman dan mahir di bidang yang kamu sukai, kamu bisa memintanya untuk menjadi mentor kamu. Jangan ragu untuk belajar, ya!

  2. Jadi relawan

 

Menjadi relawan akan membuka pintu bagi kamu mengenal dunia baru dan bertemu banyak orang. Kamu juga akan dipercaya dengan peran – peran tertentu di dalamnya dan akan bekerja sama dalam tim, sehingga memiliki banyak kesempatan untuk mengasah soft skill kamu. Meluangkan waktu untuk menjadi relawan bukan hanya membuat kita dapat berbuat baik, namun juga dapat membantu mengasah soft skill. Saat menjadi relawan, kamu akan dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, dan melatih kemampuan komunikasi kamu di dalam tim. Kalau kamu tertarik dengan dunia pendidikan dan bingung ingin mulai dari mana, jangan lupa untuk cek kegiatan relawan di ruangpeduli.

 

  1. Aktif Berorganisasi

 

Pernahkah kamu ditanya pengalaman berorganisasi saat wawancara kerja? Tahukah kamu bahwa pengalaman berorganisasi, pengalaman menjadi relawan dan pengalaman magang memiliki nilai tinggi di mata pemberi kerja? Organisasi merupakan salah satu wadah perkembangan diri. Saat kamu bergabung dan aktif di dalam suatu organisasi, kamu akan berusaha dan dituntut untuk mengembangkan potensi dirimu melalui kegiatan organisasi. Misalnya, belajar mengungkapkan pendapat saat diskusi, menciptakan ide-ide baru saat kegiatan, memimpin rapat dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk aktif berorganisasi di kampus ya. Prestasi akademik memang penting, namun keahlian dalam berorganisasi dapat mencerminkan soft skill yang kamu miliki.

 

  1. Mencari peluang dengan magang

 

Pengalaman magang menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat. Kegiatan magang merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa kiprah di dalam dunia kerja. Tujuannya tentu saja untuk mempersiapkan kamu menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Melalui kegiatan magang, kamu akan dituntut untuk berkomunikasi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda, mengelola waktu tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta beradaptasi pada lingkungan yang cepat berubah dan dinamis. Banyak sekali soft skill yang akan kamu kembangkan dari pengalaman magang. Oleh karena itu, jika ada peluang untuk menjadi karyawan magang, kamu bisa memanfaatkannya untuk menggali potensi dirimu.

 

  1. Mengikuti kursus pelatihan

 

Selain beberapa hal di atas, kamu juga bisa melatih soft skill dengan mengikuti kursus pelatihan. Belajar itu tidak hanya di sekolah saja, tetapi kamu bisa belajar di tempat lain seperti kursus pelatihan. Mengikuti kursus membantu kamu mengembangkan minat dan bakatmu untuk berkarir di masa depan. Misalnya, kamu ingin berkarir sebagai digital marketing, pilihlah kursus pelatihan yang menyajikan materi digital marketing dan menyiapkan kamu untuk berkarir di bidang tersebut.

 

Sekarang ini, banyak kursus pelatihan online yang bisa kamu ikuti, salah satunya kursus pelatihan di  Skill Academy by Ruangguru. Di sini, kamu tidak hanya belajar dengan konten berkualitas saja, tetapi kamu juga disiapkan untuk menjadi ahli dalam bidang tersebut. Ada ratusan kelas yang akan dibimbing langsung oleh instruktur profesional yang sudah expert di bidangnya. Nggak hanya itu, tersedia juga celebrity class di mana kamu bisa belajar langsung dengan para selebriti yang expert di bidangnya seperti Ivan Gunawan, Christian Sugiono, Gita Savitri, dan lainnya. Selain itu, pilihan kelasnya juga sangat menarik dan variatif, seperti kelas langkah menjadi youtuber profesional ataupun kelas memulai bisnis di media sosial. Cocok sekali buat kamu yang ingin merintis usaha melalui media sosial.  Kamu juga bisa melihat rating kelas mana yang banyak peminatnya. Di akhir sesi, akan ada tes untuk menguji kemampuanmu berdasarkan materi yang sudah dijelaskan. Jika kamu berhasil melewati tes tersebut, kamu akan mendapatkan sertifikat keberhasilan dan sertifikat keahlian. Keren banget, kan?

 

Itu dia tips-tips mudah yang bisa kamu ikuti untuk mengasah soft skill kamu. Semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk berkarir di dunia kerja, ya. Seperti kata Napoleon Hill, “Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus-menerus.” Kuncinya adalah terus belajar dan berusaha! Nah, untuk kamu yang tertarik mengikuti kelas pelatihan, kamu bisa memulai di Skill Academy by Ruangguru. Kamu akan mendapatkan materi pembelajaran secara praktis, mudah, dan terjangkau. Selain itu, di Skill Academy by Ruangguru sedang ada Mega flash sale diskon hingga 80% untuk semua kelas. Yuk, asah keterampilan kamu dan daftar kelasnya sekarang!

***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here