PESAN SINGKAT SEKJEN PBB ANTONIO GUTERRES DI HARI HAK ASASI MANUSIA 2020 “PEMULIHAN LEBIH BAIK: BERDIRI UNTUK HAK ASASI MANUSIA”

0
77

PESAN SINGKAT SEKJEN PBB ANTONIO GUTERRES DI HARI HAK ASASI MANUSIA 2020 “PEMULIHAN LEBIH BAIK: BERDIRI UNTUK HAK ASASI MANUSIA”

 

New York, 10 Desember 2020

Pandemi COVID-19 telah memperteguh dua kebenaran mendasar tentang hak asasi manusia.

Pertama, pelanggaran HAM merugikan kita semua.

Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang tidak proporsional pada kelompok rentan termasuk pekerja garis depan, penyandang disabilitas, lansia, perempuan dan anak perempuan, serta minoritas.

COVID-19 berkembang pesat karena kemiskinan, ketidaksetaraan, diskriminasi, perusakan lingkungan alam kita, dan kegagalan hak asasi manusia lainnya telah menciptakan kerentanan yang sangat besar dalam tatanan masyarakat kita.

Pada saat yang sama, pandemi melemahkan hak asasi manusia, dengan memberikan dalih untuk respons keamanan bertangan baja dan tindakan represif yang membatasi ruang sipil dan kebebasan media.

Kebenaran kedua yang disoroti oleh pandemi adalah bahwa hak asasi manusia bersifat universal dan melindungi kita semua.

Respons efektif terhadap pandemi harus didasarkan pada solidaritas dan kerja sama.

Pendekatan yang memecah belah, otoriterisme, dan nasionalisme tentu tidak masuk akal untuk melawan ancaman global.

Masyarakat dan hak-hak mereka harus menjadi yang terdepan dan menjadi pusat respons dan pemulihan. Kita membutuhkan kerangka universal berbasis hak seperti jaminan kesehatan untuk semua, untuk mengalahkan pandemi ini dan melindungi kita di masa depan.

Ajakan Saya untuk Bertindak untuk Hak Asasi Manusia menjelaskan peran sentral hak asasi manusia dalam respons krisis, kesetaraan gender, partisipasi publik, keadilan iklim, dan pembangunan berkelanjutan.

Pada Hari Hak Asasi Manusia dan setiap hari, mari kita bertekad untuk bertindak bersama, yang berfokus dan berpusat pada hak asasi manusia, untuk pulih dari pandemi COVID-19 dan membangun masa depan yang lebih baik untuk semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here